Kondisi Geografis

Jarak terjauh wilayah Kabupaten Kendal dari Barat ke Timur adalah sejauh 40 Km, sedangkan dari Utara ke Selatan adalah sejauh 36 Km.
Kabupaten Kendal terletak 25 km di sebelah barat Kota Semarang. Kabupaten  Kendal dilalui jalan Pantura (jalan negara) yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Kabupaten  Kendal mempunyai luas wilayah sebesar 1.002,23 Km2 untuk daratan dan luas wilayah sebesar 313,20 Km2 totalnya seluas 1315,43 Km2 yang terbagi menjadi 20 Kecamatan dengan 265 Desa serta 20 Kelurahan.

Kabupaten Kendal mempunyai pantai sepanjang 41,0 Km2, terbentang di 25 Kelurahan/Desa yaitu desa Mororejo, Wonorejo (Kecamatan Kaliwungu), kemudian Desa Purwokerto, Turunrejo (Kecamatan Brangsong), kemudian Kelurahan Banyutowo, Karangsari, Bandengan, Balok, Kalibuntu (Kecamatan Kendal), kemudian Desa Wonosari, Kartika Jaya, Pidodo Wetan, Pidodo Kulon (Kecamatan Patebon), kemudian Desa Margorejo, Korowelang Anyar, Korowelang Kulon, Kalirandu Gede, Kali Ayu, Juwiring, Sidomulyo (Kecamatan Cepiring), selanjutnya Desa Kali Rejo, Tanjung Mojo, Jungsemi, Sendang Kulon (Kecamatan Kangkung), serta Desa Sendang Sikucing, Gempol Sewu (Kecamatan Rowosari).

Transportasi

Kota Kendal berada di jalur pantura yang sangat ramai. Angkutan umum antarkota pada umumnya dilayani oleh bus. Kendal juga dilintasi jalur kereta api, ada tiga stasiun (Weleri, Kalibodri dan Kaliwungu) dengan stasiun terbesarnya Weleri. Kebanyakan kereta api jarak jauh tidak singgah di stasiun ini .

Petunjuk ke Kendal dari Semarang

Bandara Ahmad Yani Semarang -> Kendal

Stasiun Tawang (Semarang) -> Kendal

Stasiun Poncol (Semarang) -> Kendal

Petunjuk ke Kendal melalui Tol dari Jakarta

Keluar Gerbang Tol Kaliwungu

Petunjuk ke Kendal melalui Tol dari Surabaya

Keluar Gerbang Tol Kaliwungu

Transportasi ke Kendal lewat Jalan Non Tol dari Kota di Jawa Timur

Anda dapat naik bus jurusan Surabaya-Solo atau Surabaya-Semarang. Saat ini lebih banyak bus pemberhentian terakhir di Terminal Terboyo, Semarang.

Pastikan sampai Solo tidak terlalu Sore karena kemunginan tidak mendapatkan armada BRT (Trans Semarang). Jarak Terminal Terboyo ke Kendal masih cukup jauh. Apabila memungkinkan dari Solo memlih Bus jurusan Terminal Mangkang Semarang, lebih dekat ke Kendal.

Anda dapat melanjutkan ke Kendal, dari Terminal Mangkang Semarang menggunakan Angkutan Aplikasi Online dengan tarif lebih terjangkau.

Selain menggunakan Bus, Anda dapat menggunakan Kereta Api. Kereta Api Ekonomi dari Jawa Timur adalah Brantas dan Maharani dengan tarif berkisar antara 50.000,- s.d. 80.000.

Pariwisata

Salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Kendal adalah Curug Sewu, yakni air terjun tiga tingkat setinggi 80 meter, terletak di Kecamatan Patean (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung).